Pelatihan Menulis di SDIT Latansa Cendekia


hari sabtu, 21 september kemarin, saya berkesempatan bersilaturahim dan memberikan pelatihan menulis bagi guru-guru SDIT Latansa Cendekia, Tangerang. Subhanalloh, ini merupakan pengalaman pertama saya mengisi pelatihan yang lebih banyaknya Sharring tentang cara menulis sebuah naskah, baik fiksi mauun non-fiksi.

para guru disana sangat antusias dengan materi yang saya sampaikan. kegiatan tersebut lebih banyak sharing dan diskusi tentang dari mana memulai menulis, bagaimana agar tulisan kita menarik para pembaca dan bagaimana cara menerbitkan buku. baik pada penerbit mayor dan penerbit minor.

selain itu, pada kesempatan tersebut dikupas tuntas bagaimana cara mengatasi hambatan dalam menulis, seperti malas menulis, meluangkan waktu untuk menulis dan kosnsisten dalam menulis. di akhir acara, saya memberikan tugas kepada para para peserta, menuliskan satu halaman A4 tentang pengalaman mengajar yang paling mengesankan.

45 menit berlalu, sebagian peserta telah selasai membuat ceritanya dalam selembar dua lembar kertas HVS. satu persatu saya mulai membaca tulisan yang dibuat para peserta. kesimpulan yang saya dapatkan, bahwa siapapun bisa menulis, terlebih seorang guru yang semestinya memang dapat membuat sebuah tulisan. dan hasilnya…. jreng jreng.. tulisan-tulisan yang dibuat para peserta pelatihan hasilnya memuaskan. meskipun dapat dikatakan penulis pemula, tapi cerita yang ditulis begitu mengalir dan berwarna.  selain cara penulisan yang sudah baik, isi ceritanya pun benar-benar mengesankan. membuat saya terharu membacanya. wajar, saya juga sebagai pengajar salah satu SDIT di Kabupaten Bandung, seperti mendapat suntikan semangat bagaimana cara mengajar yang baik di SD setelah membaca tulisan para peserta.

Advertisements

2 thoughts on “Pelatihan Menulis di SDIT Latansa Cendekia

    • gustkemal February 4, 2014 / 6:00 am

      Iya, Insya Allah. Terima kasih Mas, informasinya 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s