#kejujuran (part 1)


ada satu sifat yang melekat pada diri Rasululloh Shallallahu ‘alaihi wassalam, sebelum diangkat menjadi Nabi, yaitu sifat jujur. shadiqol masduk, orang yang jujur dan dipercaya.

hal itu dibuktikan pada era saat ini, perusahaan-perusahaan besar di Amerika dan negara-negara maju menempatkan nilai utama yang harus dimiliki seorang pekerja adalah jujur sebelum sifat-sifat yang lain.

jika kita telaah nikmat yang Allah berikan dalam surat Al-Fatihah, bahwa orang-orang yang menerimanya adalah minan nabiyyin wa siddiqin wa syuhada. ternyata seorang yang jujur itu, satu tingkat di bawah kenabian dan satu tingkat di atas para syuhada. jika kita menginginkan pahala yang lebih daripada jihad (perang fisik), maka kita berkesempatan untuk mendapatkan pahalanya dengan bersikap jujur.

orang yang jujur itu didekati malaikat. seperti dalam hadits : “jika seseorng itu berdusta, maka malaikat yang menjaganya akan menghindar sejauh satu mil.” artinya apa? jika malaikat saja menjauh, apalagi Allah. Allah uga akan menjauh pada diri orang yang berkata dusta. jika malaikat menjauh, maka yang mendekatinya adalah setan.

dalam sebuah riwayat hadits, dikisahkan ada seorang ibu mengimi-imingi anaknya, agar anak itu masuk ke dalam rumah. pada saat itu bersamaan Rasulullah lewat. lalu anaknya pun menurut kepada ibunya untuk masuk ke dalam rumah. dan ibu itu memberikan kurma kepada anaknya sebagaimana janji sebelummnya. maka Rasulullah bersabda, “jika seandainya ibu hanya berkata dusta mengiming-imingi beberapa butir kurma, maka cukuplah ibu disebut sebagai pendusta oleh pendduk langit.

dari riwayat di atas, maka dapat diambil pelajaran bahwa kita harus hati-hati dalam berucap, tidak sekedar menguumbar janji tapi tidak diwjudkan janji tersebut. subhanalloh..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s