serba-serbi mahar di Indonesia


Tadi pagi ada temen yang nge-washap. Hhmm dia orang Andir, Bandung tapi lagi kerja lapangan di Banda Aceh. Dia bekerja di sebuah lembaga kemanusiaan dan pengelolaan zakat nasional. Dia bercerita tentang mahar atau mas kawin yang diberikan oleh laki-laki kepada perempuannya sungguh mahal. berikut penuturannya.

Di Aceh itu, kalo ada cowo kerjanya PNS, beuuuhhh pas ngelamar cewe, pasti diterima. Mahar disini mah mahal pisaan. Kalo nikah sama cewe Aceh, harus punya 10 Mayam emas. 1 mayamnya sekitar 3,3 gram. Dan emasnya itu bentuknya batangan.

tuh, klo ntar ketemu jodohnya orang Aceh, harus siap-siap 😀

Sama kayak di minangkabau, padang kan? Si cwo harus melamar cewe nya dengan mahar 1 ekor sapi/ kerbau yang harganya 70-100juta rupiah. Karena Cewe-cewe Minangkabau katanya setia, Wkwkwk. Krna dijamin setia itulah, para cowo harus kasih mahar senilai 70-100jt itu, Haduuhh Iraha nikahna ya yg miskin? (~~”)

Hahaha, terus kalo di Bone, Sulawesi Selatan, pake itungannya ‘paniak’ (*lbh parah). mari kita hitung :
1 paniak itu 30 mayam ~ terus Gmna klo cwe, mintanya 6 paniak?

6 paniak = 6 x 30 = 180 mayam
Itungan: 180 x 3,3 = 594 gram

dengan asumsi harga emas sekarang adalah 400ribu rupiah, maka :

~~>  594 gr x rp 400rb = Rp 237.600.000,-

berat emasnya lebih dari setengah kilogram, nilainya sekitar 237,6 juta rupiaah.. masya Allah..

Bener ya, Islam itu memudahkan. ada hadits yang berbunyi, “Sebaik-baiknya perempuan adalah yang mudah dilamar, murah maharnya, dan subur rahimnya. bahkan dari sumer yang lain mengatakan b ahwa ini adalah ciri-ciri perempuan shalihah. Allahu a’lam.
Nah! Memudahkan.. ini salahsatu kemuliaan Islam, memudahkan.. rukhshoh

Tapi ikhwan sholih, adalah ikhwan yang memberi mahar setinggi-tingginya. Hhmm 😀 Ikhwan na lebih jantan klo bisa kasih mahar lebih dari yang diminta. Hehe

di akhir pemicaran, dia bilang kalo yang di’sorot’ cuman akhwat nya doang, Ikhwan, gampang bgt dong nikah..
*Di sunda n islam ga dipatok, spya ikhwannya lbh keras usaha biar bs kasih mahar lbh tinggi*

Allahu a’lam B ishshawwab  🙂

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s