Semua Tentang #Perdagangan


1. Islam adalah agama yang paling banyak mendorong umatnya untuk menguasai perdagangan, untuk itu Islam memberikan penghormatan yang tinggi kepada para pedagang.

2. Di antaranya riwayat dari Mu’adz bin Jabal, bahwa Nabi bersabda “Sesungguhnya sebaik-baik usaha adalah usaha perdagangan.” (HR. Baihaqi)

3. Nabi Muhammad mewajibkan umat Islam untuk menguasai perdagangan. Dalam sebuah hadits, Nabi Muhammad bersabda, “Hendaklah kamu berdagang, karena di dalamnya terdapat 90% pintu rezeki.” (HR. Ahmad)

4. Dalam Al-Quran, perdagangan dijelaskan dalam tiga bentuk, yaitu tijarah (perdagangan), bay’ (menjual), dan syira (membeli). Selain istilah tersebut masih ada banyak lagi istilah yg berkaitan dgn perdagangan, seperti dayn, amwal, rizq, syirkah. (QS. Al-Jumah :9)

5. Kata tijirah adalah mashdar dari kata kerja yang berarti menjual dan membeli.

6. Dalam surat Al-Jumah ayat 10 Allah berfirman, “Apabila shalat sudah ditunaikan maka bertebaranlah di muka bumi dan carilah karunia Allah serta banyak-banyaklah mengingat Allah agar kalian menjadi orang yang beruntung.
Ada 2 hal penting yg harus kita cermati, yaitu fantasyiruu fi al-ard (bertebaranlah di muka bumi) dan wabtaghu min fadl Allah (carilah rezeki Allah)

7. Prinsip dasar yang telah ditetapkan Islam mengenai perdagangan atau niaga adalah tolak ukur dari kejujuran dan ketulusan. Dalam perdagangan nilai timbang dan ukuran yang tepat dan standar benar-benar harus diperhatikan. Begitulah karakteristik perdagangan syariah.

8. “Kecelakaan besarlah bagi orang yang curang, yaitu orang yang apabila menerima takaran dari orang lain, mereka minta dipenuhi. Dan apabila mereka menakar atau menimbang untuk orang lain, mereka mengurangi. Tidaklah orang-orang itu menyangka, bahwa sesungguhnya mereka akan dibangkitkan pada suatu hari yg besar, yaitu hari ketika manusia berdiri menghadap Tuhan Semesta Alam? Sekali kali jangan curang, karena sesungguhnya kitab orang yang durhaka, tersimpan dalam Sijjin”

9. Adapun contoh perdagangan yang dilarang, perdagangan dengan cara Mulamasah, yaitu penjual yang menjual barangnya tanpa boleh pembeli melihatnya. Hal ini sangat dilarang oleh Rasullulah.

10. Bukankah sekarang sudah banyak bisnis online, apa itu termasuk cara mulamasah?

11. Bisnis online memang suatu perdagangan yg sudah canggih, hanya menampakkan gambarnya, namun juga terkadang disalahgunakan. Saya sering dpt pertanyaan ini dari sesama olshop, karena sy juga ada bisnis olshop sudah 3tahun.

12. Untuk kita para pelaku olshop, jujur adalah kunci utama, bukankah Allah sudah berfirman “Hai orang2 beriman, hendaklah kamu jadi orang-orang yang selalu menegakkan (kebenaran) karena Allah, menjadi saksi dengan adil. Dan janganlah sekali-kali kebencianmu terhadap suatu kaum, mendorong kamu untuk berlaku tidak adil. Berlaku adillah karena adil itu lebih dekat dengan taqwa.” (QS. Al Maidah : 8)

13. Saya pernah tau dalil ato hadits yang bunyinya, bersedekahlah dengan gencar karena didalam perdagangan banyak campur tangan setan. Wallahualam, ada yang bisa sempurnakan hadits itu? Ato ada yang tau hadits apa?

Sekian kuline dari mican, apabila ada kesalahan mohon maaf, sempurna hanya milik Allah, yg salah milik mican. Hehe..

Diambil dari kajian online di grup LINE @ManJaddaWajada oleh Mican,admin @MJWJSurabaya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s