Keteladanan Nabi Muhammad SAW.


Anak-anakku yang Bapak banggakan, seperti yang kita ketahui bersama bahwa beberapa waktu yang lalu ada momentum Maulid Nabi Muhammad SAW. Patutlah kita ambil pelajaran dari kelahiran Nabi Muhammad SAW., panutan kita semua ini.

Baginda Nabi Muhammad SAW diutus ke dunia ini untuk menyempurnakan akhlak, sebagaimana sabdanya yang artinya, “Aku dilahirkan ke dunia ini untuk menyempurnakan (memperbaiki akhlak manusia.” (HR. Ahmad)

Kehidupan Bangsa Arab pada awal diutusnya Rasulullah SAW. sangatlah buruk. Seorang ayah tega membunuh anak perempuannya, karena anak perempuan dianggap sebagai aib; banyak terjadi pertikaian antar suku, peperangan dan lain sebagainya. Dengan kehadiran Nabi Muhammad, semua perbuatan yang buruk tadi dapat dihilangkan dari budaya bangsa arab. Dari jaman jahiliyah kepada jaman pencerahan, baik bagi bangsa Arab maupun bagi bangsa-bangsa lainnya di pelosok dunia. Maka Jadi jelaslah bahwa Rasulullah SAW itu adalah teladan yang harus kita ikuti semua perbuatannya. Karena, beliaulah pembawa perintah Allah SWT. Sekaligus membimbing kita untuk menjalani kehidupan ini dengan sebaik mungkin.

Lalu, bagaimana cara kita meneladani Rasulillah SAW.? Tentunya dimulai dari yang kecil-kecil dan dari diri sendiri. Contohnya; Shalat berjamaah dan tepat waktu, hormat kepada Orang Tua dan Guru-guru, sayang kepada yang lebih muda, tidak membuang sampah sembarangan, rajin dan giat dalam menuntu ilmu, dan lain sebagainya. Ngomong-ngomong, Bapak jadi ingat sesuatu.. oh, itu mah janji pelajar Islam ya? Hihi..

Ya, begitulah Anak-anakku yang Allah Muliakan. Kita harus bisa menjaga akhlak kita, baik kepada sesama, maupun kepada Orang Tua dan Guru. Karena dengan akhlak yang mulia, dapat menambah banyak teman lho.. karena orang yang baik akhlaknya banyak yang menyukainya. Setuju atau SETUJU??!!! 😀

Maka, mulai saat ini marilah kita berakhlak yang baik kepada siapapun, termasuk kepada diri kita sendiri. Contohnya seperti makan dan minum dengan tangan kanan dan sambil duduk, selalu memulai aktifitas dengan bismillah dan doa, dan yang lainnya.

Sekian yang dapat Bapak sampaikan, semoga bermanfaat bagi kita semua. Aamiin J #SEMANGATPAGI!! (g.m.)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s